Program Studi Linguistik Program Doktor FIB Unud Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kunjungan Objek Studi

`

Penyerahan bantuan kepada Panti Asuhan Tat Twam Asi


Program Studi Linguistik Program Doktor Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dan kunjungan objek studi pada Sabtu 30 Oktober 2021. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Panti Asuhan Tat Twam Asi, Renon, Denpasar. Rombongan program studi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ketut Artawa, M.A. selaku Koordinator Program Studi disambut langsung oleh Wakil Ketua Panti Asuhan Tat Twam Asi, Nyonya I Made Muka.


Dalam sambutannya, Nyonya I Made Muka sangat mengapresiasi perhatian Program Studi Linguistik Program Doktor terhadap anak yatim piatu. “Kami atas nama Yayasan Panti Asuhan Tat Twam Asi sangat berterima kasih atas perhatian Prodi Linguistik, apalagi dalam situasi pandemi saat ini”, ucapnya.


Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Program Studi Linguistik Program Doktor kepada pengurus Panti Asuhan Tat Twam Asi, berupa bantuan sembako, pakaian layak pakai, dan uang tunai. Ke depan, Nyonya I Made Muka selaku Wakil Ketua Panti Asuhan Tat Twam Asi juga berharap ada kerjasama dalam bidang pendidikan untuk anak yatim piatu sehingga anak-anak yatim piatu dapat terus melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. 



Kunjungan Mahasiswa Program Studi Linguistik Program Doktor di Puri Ubud


Kegiatan berikutnya adalah kunjungan objek studi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru program studi Linguistik Program Doktor 2021 terhadap objek studinya. Kegiatan ini mengambil objek di Desa Ubud, Gianyar dengan mengunjungi Puri Ubud sebagai pusat kebudayaan di Desa Ubud.


Rombongan mahasiswa Program Studi Linguistik Program Doktor disambut oleh penglingsir Puri Ubud, Tjokorda Gde Putra Sukawati beserta keluarga Puri Ubud. Mahasiswa diperkenalkan berbagai kegiatan kebudayaan yang ada di Puri Ubud serta tata letak bangunan Puri Ubud. Penglingsir Puri Ubud sangat mengapresiasi kegiatan objek studi ini mengingat Puri merupakan pusat kebudayaan sehingga ada banyak hal yang dapat diteliti.



Penyerahan kenang-kenangan berupa buku karya dosen dari Program Studi Linguistik Program Doktor kepada keluarga Puri Ubud


“Puri sebagai pusat kebudayaan menyimpan berbagai kegiatan kebudayaan yang tentunya dapat dikaji dari berbagai disiplin ilmu. Dengan demikian, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini”, ucap Beliau. Acara diisi dengan penyerahan buku karya dosen Program Studi Linguistik Program Doktor kepada Penglingsir Puri Ubud. 


Tidak hanya di Puri Ubud, rombongan juga melakukan kunjungan ke Pura Taman Kumuda Saraswati dan Museum Puri Lukisan Ubud. Di Pura Taman Kumuda Saraswati, mahasiswa menyaksikan keindahan arsitektur Pura yang dimuat dalam Geguritan Rajendra Prasad karangan Tjokorda Gde Ngurah, seorang sastrawan besar dari Puri Ubud. (Ari Suprapta)